Ilmu pertanian adalah studi tentang praktek-praktek yang terlibat dalam bidang pertanian. Ilmu pertanian dan pertanian, meskipun saling terkait, pada dasarnya sangat berbeda satu sama lain. Pertanian adalah seni menanam tanaman, buah-buahan dan sayuran untuk konsumsi manusia. Ilmu pertanian, di sisi lain, berkaitan dengan penelitian, peningkatan dan pengembangan teknik produksi seperti pengelolaan irigasi, pengendalian hama, dll. Ini mencakup proses yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian.

Ilmu pertanian berurusan dengan mengubah produk primer menjadi produk jadi, produk siap konsumsi. Ini juga melibatkan pencegahan dan koreksi faktor-faktor merugikan yang menghambat produktivitas. Disebut sebagai ilmu lokal karena hubungannya yang kuat dengan daerah setempat. Ini sering dianggap sebagai ilmu yang berhubungan dengan ekoregion karena sangat tergantung pada iklim dan sifat tanah di daerah tertentu. Faktor-faktor ini sangat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Banyak orang berpendapat bahwa ilmu pertanian bergantung pada cuaca setempat dan karakteristik tanah setempat, sehingga tanaman tertentu perlu dipelajari secara lokal.

Sejarah

Karya terobosan Gregor Mendel di bidang pertanian membuat studinya sangat populer di seluruh dunia. Namun, di interval fashionable industri pupuk kimia di Jerman merevolusi  bidang pertanian pada abad kedelapan belas. Di AS, revolusi ilmu pertanian dimulai dengan disahkannya Undang-Undang Penetasan pada tahun 1887. Kekuatan pendorong di balik Undang-Undang Penetasan adalah kebutuhan negara untuk memberdayakan para petani sehingga mereka dapat meningkatkan produktivitas dan memberi makan populasi yang terus bertambah. Sejak awal sembilan belas enam puluhan, pertanian telah menjadi sangat penting di negara-negara berkembang dan maju.

Proses ini dikenal sebagai Revolusi Hijau dan dikaitkan dengan proses pemilihan dan peningkatan substansial tanaman untuk produktivitas maksimum. Bahkan saat ini, banyak penelitian sedang dilakukan di bidang studi ini, yang telah menyebabkan munculnya berbagai bidang studi baru seperti pengolahan limbah, pengelolaan hama, filosofi pertanian dan lain-lain yang pada dasarnya berfokus pada produksi pangan. Dengan pertumbuhan populasi dunia, ilmu pertanian adalah salah satu ilmu yang akan memainkan peran penting dalam menjamin kelangsungan umat manusia.

Gelar Ilmu Pertanian

Ilmu pertanian adalah pendekatan multidimensi untuk memahami dan mempraktikkan berbagai ilmu ekonomi, sosial dan alam yang terlibat dalam pertanian. Siswa yang lulus di bidang ilmu pertanian memiliki pemahaman yang adil tentang hubungan antara petani, ekosistem, dan konsumen akhir melalui studi intensif ekonomi, peternakan, botani, dan segala sesuatu yang terlibat dalam bidang pertanian dan produksi pangan. Karena lebih dari setengah populasi dunia secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam pertanian dan produksi makanan, gelar dalam ilmu pertanian memberikan spektrum pilihan karir yang luas mulai dari pendidikan hingga agronomi.

Tingkat terdiri dari kurikulum yang mempersiapkan siswa untuk pekerjaan entry stage di bidang ini. Mereka dilatih dalam biologi hewan dan tumbuhan, hortikultura, peternakan, ilmu tanah, pertanian berkelanjutan, kimia dasar, produksi pangan dan ekonomi produksi pertanian. Mata pelajaran yang bervariasi ini memastikan bahwa siswa dipersiapkan dengan baik untuk setiap tantangan yang mungkin dia temui di bidang ini.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *